Mudahkan Perlindungan, HWDI Ajak Lakpesdam NU Data Disabilitas

Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Pelatihan Enumerator dalam rangka pendataan disabilitas di Desa Pemenang Barat dan Desa Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Barat, rabu (24/05) bertempat di Pondok Pitza Pemenang.
Dalam sambutannya, Ketua HWDI Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sri Sukarni menyatakan bahwa kegitan pendataan ini dimaksudkan untuk menyediakan data pilah disabilitas di desa. Dengan tersedianya data pilah disabilitas diharapkan akan memudahkan pemerintah desa dalam melakukan pemberdayaan, perlindungan, pemenuhan hak terhadap penyandang disabilitas.
Disamping untuk kepentingan diatas dengan adanya pendataan ini masyarakat dan pemerintah di desa dapat mengetahui jenis/ragam disabilitas yang disandang warga serta mengetahui peta kerentanan penyandang disabilitas di dua desa sehingga dalam melakukan intervensi kebijakan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dasar yang diinginkan oleh warga. Ungkap wanita yang akrab disapa Sri ini.
Peserta yang dilatih sebanyak 19 orang berasal dari perwakilan kader desa, disabilitas dan kader siaga bencana desa dari dua desa yaitu Desa Pemenang Barat dan Desa Malaka. Kegiatan difasilitasi oleh Hendri dari Fitra NTB dan Khairul dari Konsepsi NTB.
Tim P3PD Lakpesdam PCNU Lombok Utara yang hadir pada kegiatan tersebut, berharap dapat dikolaborasikan untuk mendata penyandang disabilitas yang ada didesa lainnya.
Kami berharap kegiatan serupa dapat dikolaborasikan di desa dampingan Lakpesdam NU yang lain harpa M. Yakub Ketua Lakpesdam PCNU Lombok Utara. Dengan begitu desa-desa yang lain memiliki data pilah disabilitas yang update dan mutakhir, mengerti jenis dan ragam disabilitas yang disandang warga. Termasuk memudahkan pemerintah desa dalam menyusun program pemberdayaan, perlindungan dan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas. Sehingga penyusunan kebijakan pembangunan desa kedepan makin inklusif dan pro kelompok rentan, tutup dosen UNU NTB ini. (Tim KM M.Yakub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *