SIMASKOT : Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi, PJ SEKDA NTB : Tahun 2024 IKM Capai Target

Mataram, Diskominfotik NTB – Penjabat Gubernur NTB, H. Fathurrahman, M.Si menghadiri dan membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) 94 tahun 2023 dan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan portal SIMASKOT Melaju yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Provinsi NTB, Rabu (20/12).

SIMASKOT merupakan Survei Kepuasan Masyarakat Online Terintegrasi merupakan portal layanan digital yang bertujuan untuk mengukur Tingkat kepuasan Masyarakat serta mendukung peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, dengan memperhatikan prinsip Transparansi, Partisipatif, Akuntabel, berkesinambungan, berkeadilan dan Netral.

PJ Sekda mengatakan bahwa kehadiran SIMASKOT dapat mempermudah pengukuran Indeks Pelayanan Publik (IKM) dan dapat menjadi tolak ukur pemerintah dalam melakukan evalausi, perbaikan dan penyempurnaan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

“Hadirnya SIMASKOT dapat memberikan jawaban, sehingga kita pada akhirnya punya ukuran dalam kaitan untuk evaluasi dan melakukan perbaikan, penyempurnaan untuk masyarakat yang lebih baik kedepannya, sehingga nantinya ditahun 2024 IKM mencapai yang kita harapkan” ungkap Pj Sekda NTB.

PJ Sekda NTB juga mengatakan jika interaksi Pemerintah dengan masyarakat akan terus terjalin, baik itu pada sektor pendidikan, kesehatan dan sebagainya, sehingga memerlukan sebuah interaksi.

“Artinya Pemerintah hadir ditengah – tengah masyarakat, jadi tidak hanya mengandalkan sistem kerja yang struktural didalam kantor, tetapi juga bagaimana cara menginformasikan melalui sistem yang tersedia,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTB, Dr. Nursalim, S.Sos.,MM mengatakan jika Biro Organisasi Setda Provinsi NTB bersama Dinas Kominfotik NTB telah menggagas agar semua perangkat daerah ada standar pelayananya.

“Sehingga semua kita ada tanggung jawabnya untuk menghadirkan stakelhokder maupun masyarakat bisa terlayani dengan baik, karena survey kepuasan masyarakat ini, adalah sebagai salah satu variabel atau indikator kita memberikan kepuasan kepada masyarakat, bahwa ada kehadiran pemerintah,” tuturnya. (diskominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *