Haji Edwin Temani FPMNI Batuyang Lauk Pelatihan Mengolah Sampah

Haji Edwin Menemani FPMNI Pelatihan Mengolah Sampah

Kampung Media NTB (Lombok Timur) – Bertempat di Mushalla Nurul Ikhsan Batuyang Lauk Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya FPMNI (Forum Pemuda Nurul Ikhsan) melaksanakan kegiatan pelatihan mengolah sampah (Sabtu, 22/01/2022). Pada kegiatan ini FPMNI ditemani Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil III, Ir. HM. Edwin Hadiwijaya, MM.

Haji Edwin beserta Pengurus dan Anggota FPMNI Batuyang Lauk

Program pengolahan sampah merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh FPMNI Batuyang Lauk pada awal tahun 2022. Besarnya minat dan motivasi pemuda tersebut dibuktikan dengan gerakan nyata yang berupa pelatihan cara mengolah sampah organik dan anorganik.

Menurut Kepala Wilayah setempat, Karnaen, Pemuda Batuyang Lauk yang tergabung dalam FPMNI memang memiliki motivasi yang kuat untuk mengolah sampah, hanya saja hingga saat ini mereka terkendala masalah peralatan operasional.

“Secara pribadi saya sangat bangga atas motivasi pemuda kami yang begitu kuat dalam pengolahan sampah, namun hingga saat ini mereka belum memiliki peralatan dan biaya operasional”, tegas  Karnaen.

Kepada Haji Edwin ia menyampaikan harapan agar kiranya beliau dapat memfasilitasi pemuda setempat untuk mencari jalan guna mendapatkan peralatan operasional pengolahan sampah.

“Kami merasa bangga bahwa hari ini bapak berkenan meluangkan waktu untuk hadir di tengah-tengah kami dan ini adalah kali pertama kami mendapatkan kunjungan dari seorang anggota DPRD Provinsi NTB”, ungkap KawilBatuyang Lauk itu.

“Kami sangat berharap bapak dapat memfasilitasi pemuda kami supaya program pengolahan sampah yang mereka canangkan dapat terlaksana dengan optimal”, tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jadit Taqwa selaku Ketua FPMNI. Dikatakan bahwa selama ini forumnya bergerak dalam bidang sosial dan mereka sudah melaksanakan kegiatan Jum’at Bersedekah, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk masyarakat setempat, bakti sosial pembersihan lingkungan dan kali ini menyelenggarakan pelatihan pengolahan sampah dengan menghadirkan aktifis lingkungan, Badri dan Miftahul Jannah sebagai fasilitator.

Haji Edwin sangat mengapresiasi semangat pemuda dan masyarakat Batuyang Lauk itu, utamanya motivasi mereka dalam mengolah sampah.

Haji Edwin Memberikan Apresiasi dan Motivasi kepada FPMNI Batuyang Lauk

“Saya berharap, semangat dan motivasi ini tetap terjaga dan yang paling penting adalah komitmen untuk terus bergerak mengubah sampah menjadi berkah melalui program pengolahan sampah”, ujarnya.

Kepada segenap peserta pelatihan, sosok bersahaja yang juga sejak muda bergerak sebagai aktifis sosial itu menceritakan bahwa pada tahun 2021 ia telah melaksanakan program sedekah sampah bersama karyawannya di SPBU Pancor, memfasilitasi masyarakat Dusun Cempaka Desa Kembang Kerang dalam pengadaan bak sampah tiga warna dan alat pengangkut sampah, serta memfasilitasi beberapa kelompok lain di Lombok Timur yang bergerak dalam pengolahan sampah untuk mendapatkan kendaraan roda tiga yang bersumber dari APBD Provinsi NTB Tahun 2021.

Usai bertukar cerita, Haji Edwin secara langsung menemani anggota FPMNI melaksanakan praktik pembuatan Pupuk Organik Cair dan Kompos Padat yang difasilitasi oleh Badri dan pemilahan Sampah Plastik yang difasilitasi oleh Miftahul Jannah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *