Sales Sombong

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan menyiapkan tenaga siap kerja dalam berbagai sektor. Desa Nyelekit sebagai pusat industry telah menyusun strategi yang terencana terarah terukur dalam menghadapi dunia industry, dunia usaha dan dunia kerja.

Guru Dolle telah membuat sebuah robot pembersih lantai yang canggih yang dapat dikendalikan melalui telpon cellular, robot itu bekerja sesuai perintah. Untuk membuktikan kecanggihan robotnya, Guru Dolle mendatangi Abu Bongoh yang sedang berbahagia memiliki rumah baru.

“Ini produk baru, robot canggih dan mudah digunakan,” kata Guru Dolle sambil membuang kerikil kecil, serta sejumlah sobekan kertas di lantai yang sedang dibersihkan Abu Bongoh.

Yaok…. Kenapa ente buang di lantai ini? Saya kan baru selesai ngepel,” kata Bongoh kesal.

“Tenang Ngoh!!! Ini belum seberapa. Kalau tidak bersih dalam waktu lima menit semua kotoran yang berserak dilantai ini akan saya makan dan akan saya telan semuanya,” katanya sambil menambah buangan dengan sisa makanan dan kulit buah.

Melihat itu Abu Bongoh lantas membuang sisa Mie Instan.

“Wah, apalagi jenis kotoran seperti ini, pasti bersih dengan robotku ini dalam waktu yang singkat,” kata Dolle bangga.

Kemudian Guru Dolle mulai membuka alat pembersih elektrik itu dan memasukkan kabel penyambung listrik. Alatnya tampak canggih membuat Abu Bongoh kagum, namun ketika hendak menghidupkan, alat itu tak berfungsi. Guru Dolle mulai kebingungan dan keringat dingin.

“Maaf… ini hanya instalasinya saja, sedangkan aliran listrik belum terpasang karena masih kekurangan daya,” jawab Abu Bongoh dan mempersilahkan Guru Dolle memenuhi janjinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *