Dandim 1607 Sumbawa Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pagar Musolla Al Musthofa

DANDIM 1607 Sumbawa  dalam Peletakan Batu pertama Pembangunan Pagar  Musolla Al Musthofa yang beralamat di Jalan Lintas BTN Bukit Permai – Simpang Boak Gang Sunan Kalijaga RT.07 RW.03 Kelurahan Brang Bara Kec.Samapuin  Kabupaten Sumbawa.

Peletaka Batu Pertama yang dilakukan DANDIM 1607 Sumbawa yang diwakili oleh KADIM dan didamping Kapelsek Sumbawa ,Camat Sumbawa,Lurah Samapuin ,Ketua RT,Pengurus Musholla serta  dihadiri beberapa undangan dan warga setempat.

Dalam laporan Ketua Panitia Pembangunan Musholla Al-Musthofa H.Djoko Pitoyo, S.Sos menceritakan sejarah berdirinya Musholla Al Musthofa , bahwa Panitia pembangunan telah mendapat tanah wakaf seluas 5,5 are yang mewakafkan tanah wakaf tersebut adalah Nursenah dan  Masriana ini  merupakan tanah warisan milik ayahya Almarhum Jalik dengan luas tanah 3 hektar dan dibagi kepada 4 putrinya ( Zubaidah, Nursenah,Masriana dan Maryam)

Tanah yang diwakafkan untuk Musholla seluas 2 are berasal dari ibu Nursenah saat ini sudah berdiri fisik Musholla dan telah terbit ikrar wakafnya dan tanah wakah dari Masriana seluas 2 are yang nantinya akan dibangun Taman Pendidikan Al-Qur’An , Raudlatul Athfal / Taman Kanak Kanak berciri Islam dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa dan wakaf  dari keempat  bersaudara seluar 1,5 are ini telah dibangu tempat wudhu ,toilet serta pemangan Tandon air.

Pada tanggal 5 Juli 2020 membentuk panitia pembangunan Musholla dirumah Bpk. H.Djoko Pitoyo,S.Sos yang dihadiri beberapa orang warga karena memang dilokasi tersebut baru berdiri 2 rumah  dan masih terpencar karena lokasi baru dan hasil pembentukan Panitia Ketua Panitia Mustofa Sekteraris H.Djoko Pitoyo,S.Sos, wk.Sekretrais M.Yasin ,Bendahara Hj.Amnal Jamilah,S.Ag, seksi Dana H.Djoko Pitoyo,S.Sos ,Seksi Pembangunan Taufiq Rahman ,ST (perencana dan pengawas Pembangunan. Setelah itu melaksanakan kegiatan menentukan arah kiblat ( kalibrasi) oleh tim dari Kantor Kemenag Kab.Sumbawa dan pada tanggal 2 Agustus 2020 / 1 Muharram 1441 H dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pondasi Musholla Al Musthofa yang dihadiri Kepala KUA Kec.Sumbawa, pengurus Mushola serta  warga sekitar dan waktu berjalan terus selama enam bulan fisik Musholla rampung hingga pemasangan atap dalam waktu 6 bulan juga termasuk pemasangan Lisytrik,Pemasangan air PDAM,pembuatan tempat wudhu/toilet dan tendon dan sound system dana diperoleh dari Donatur serta warga masyaraat Kab Sumbawa serta sumbangan dari warga diluar pulau sumbawa

Pada  bulan November 2021, kami  mendapat bantuan dana dari KODIM 1607 untuk pembelian keramik dan holo plavon serta 5 orang TNI untuk menyelesaikan pemasangan keramik dan Plavon PVC dalam waktu 10 hari kerja dalam bentuk karya bhakti TNI pengabdian untuk negeri.

Alhamdulillah pada bulan Juni 2022 kami mendapat bantuan lagi dari KODIM 1607 berupa dana untuk pembelian semen,besi, bata dll serta 5 personil TNI dalam melaksanakan pembangunan pagar Musholla sepanjang 53 meter yang dimulai tanggal  4 – 13 juni 2022 .

Dalam sambutan Camat Sumbawa Iwan Sofyan  bahwa sangat terkesan dengan kegiatan pembangunan Musholla Al Musthofa walau warga sekitar hanya beberapa warga bisa mendirikan rumah ibadah dan berharap dengan didirikan musholla ini agar dapat membina anak didik cinta qur’an dan program tahfizd qur’an ditingkat RT.

Program lain yang sedang digalakan adalah kebersihan lingkungan , keamanan lingkungan serta peraturan perundang- undang telah diterbitkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa ada penertiban hewan yang berkeliaran dikota kota , pemukiman serta dilahan pertanahan. Menjadi efek jera dengan berlakukan Peraturan Pemerintah apabila ditemui hewan yang masih keliaran dijalan di kota hewan tersebut ditangkap dan diamankan baru proses pemiliknya dan akan dikenakan sanksi dan denda, hewan yang berkeliaran di pemuiman warga harapan Pak Camat agar warga memagar pekarangan rumah , juga dalam rangka menyambut iven internasional warga dihimbau untuk menjaga kebersihan karena pelaksanaan MXJP SAMOTA DAN  Kabupaten Sumbawa akan kedatangan tamu dari berbagai Negara pada tanggal 22-24  Juni 2022.

Kami selaku Pengurus mengucapkan terima kasih kepada KODIM 1607 Sumbawa , para Donatur yang tidak bias  kami sebutkan satu persatu semoga  uluran tangan dan kebaikan dicatat sebagai amal ibadah.Aamiin ya robbal alaamin. (Joko Pitoyo KM Sumbawa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *