Rakorwas Itjen Kementan di NTB

Sebelum kunker Menteri Pertanian – Bapak Syahrul Yasin Limpo ke NTB tanggal 12 Agustus 2023, jajaran Itjen Kementerian Pertanian mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan, dengan tema “Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Lingkup Provinsi Nusa Tenggara Barat” bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Kamis 10 Agustus 2023.

Thema yg dipilih sangat relevan di tengah kerisauan dan kekhawatiran terjadinya laju alih fungsi lahan yg tidak terkendali yg dapat mengancam ketahanan pangan daerah dan nasional. Rakor di ikuti stakehokder terkait di tingkat pusat, unsur pemprov, pemkab/pemkot se NTB, akademisi hingga jajaran aparat penegak hukum Polda – polres se NTB, Kajati – Kajari se NTB dengan nara sumber dari Kementerian ATR – BPN, Kemendes dll.

Dalam sambutan, saya tekankan bahwa penanganan alih fungsi lahan membutuhkan komitmen kuat multistakeholder dari hulu hingga hilir. Bukan hanya aspek penegakan hukum. Solusi dan afirmasi kebijakan nasional yg lebih komprehensif sangat dibutuhkan untuk mengurangi dampak laju alih fungsi lahan yg secara masive dan kasat mata sedang terjadi sebagai konsekwensi dan kebutuhan pembangunan.(H.Lalu Gita Ariadi – Sekda NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *