Tips Merawat Sparepart Terutama Smartkey Motor

Secara gamblang di jelaskan oleh Manajer Sparepart PT.Astra Motor NTB-Purnama saat Press Conefernce dengan sejumlah wartawan saat Launching All New Honda BeAT di Epicentrum Mall beberapa waktu lalu (20/7/2024). Salah seorang wartawan menanyakan bagaimana perawatan lampu motor,busi,Oli dan Smart key serta seberapa lama batas pemakaian dari sparepart.

Purnama mengatakan  kalau mengenai merawat lampu itu berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri, yang lampu motornya jarang mati. Secara kelistrikan kata Purnama, elektrikal dimotor itu ada keterkaitan satu  sama yang lain, itu bisa jadi berpengaruh lampu motor bisa cepat mati.

“Mungkin saran saya , ya service ke Ahass, coba aja diskusi dengan tenaga mekaniknya karna kalau sering mati sepertinya ada konsleting atau ada kerusakan lain, itu mesti dicek pak” Pesan Purnama

Terkait dengan masa usia pakai dari sparepart, Purnama menjelaskan  bahwa masing masing sparepart usianya berbeda beda.

“Gimana caranya merawat sperpart biar awet, masing masing sperpat ini usianya beda beda contohnya busi, busi itu tiap lima ribu kilo mesti dicek , kalo mobil lain lagi ya, kalo bapak sebulan berkendara seribu kilo, nah tiap 4-5 bulan mesti dicek businya”. Ujar Purnama

Mengenai pergantian Oli, Purnama mengatakan setiap beli motor baru ada Kartu Perawatan Berkala (KPB), kartu itu untuk membiasakan konsumen masuk ke bengkel resmi Ahass untuk ganti olinya entah KPB 1,2,3,4 dan seterusnya.

Purnama menyarankan  rutinlah rawat motonya ke bengkel resmi, itu jawaban paling sederhana, kalau mengandalkan lupa efeknya banyak, pada saat olinya tiba tiba kering langsung masuk Ahass, itu bisa tambah repot.

“Sebaiknya dicegah sebelum terjadi makanya rajin rajin ke Ahas bengkel resmi”. Tegas Purnama

Masalah remote, Purnama berpesan pertama pada saat membeli motor baru konsumen akan menerima kunci remote yang smartkey,  terdapat satu kunci lagi berbentuk aluminium kecil yang tergantung di Smartkeynya.

“Aluminium itu jangan sampai hilang, jika takut hilang dipoto dan potonya simpan digaleri hp, karna di alumninium tersebut terdapat kode unit motor, kode itu digunakan untuk mengorder Smarkey jika Smartkeynya hilang dan kode itu pasti ditanyakan oleh bengkel”. Kata Purnama

Sementara Manajer Servis PT.Astra Motor NTB – Dicky Maulana Akbar menambahkan bahwa Smartkey akan berkomunikasi dengan motor, untuk itu jika selesai berkendara pastikan Smartkey mati karna jika tidak dimatikan maka Smartkey akan terus berkomuniukasi denga motor yang mengakibatkan Smarkey cepat mati atau tidak berfungi akibat strum baterainya habis.

Terkait dengan perawatan Smartkey, Dicky mengatakan bahwa Smartkey itu mempunyai gelombang seperti gelombang radio pendek, untuk itu hindarkan Smartkey dari barang-barang elektronik seperti kulkas,TV dan lain sebagainya, karna jika Smartkey berada dekat dengan barang elektronik maka baterainya akan cepat habis.

Ditambahkan Dicky,  terkait dengan lampu, sebetulnya jika bandingkan dengan jenis lampu yang sering dipakai sebelumnya yang bukan pakai LED (Light Emitting Diode) secara durasi sebenarnya lebih awet rata rata diatas 50 ribu jam, itu masih bisa dipakai dibanding memakai lampu lama yang bisa cepat  putus.

“Itu memang secara durasi, mangkanya kenapa kita semua sekarang selalu pakai LED, selain lebih terang dan dia secara durasi sebetulnya lebih awet bisa sampai 50 ribu jam, tergantung dari durasi pemakaian”. Tutup Dicky

Terkait dengan serbice, Manajer Customer Care PT Astra Motor NTB-Raja Hasayangan menjelaskan jika terjadi kendaraan konsumen mogok dijalan tidak perlu khawatir, Astra Motor NTB memiliki Honda Care yang siap melayani konsumen dimanapun motornya mengalami kerusakan.

“Jadi jangan khawatir, ya mau dijalan,mau dirumah sekalipun kalo ada yang ingetin service dan punya waktu , bisa dilakukan service , atau bisa kontak langsung ke layanan Honda Care nomor  087779908000 dan kalo mau lebih mudah lagi ada aplikasi Motorku X,”. Ujar Raja (Tim KM Mataram)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *