Periapan Sida Wayah, Warung Unik dengan Dapur Terbanyak

Kampung Media NTB (Lombok Timur) – Warung Periapan Sida Wayah, demikianlah nama salah satu Resto Take Away yang baru-baru ini dibuka oleh warga Gubuk Jero Desa Pengadangan Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Konsep yang dikembangkan oleh pengelola warung ini terbilang sangat unik jika dibandingkan dengan warung lainnya yang ada di Lombok Timur pada khususnya dan NTB pada umumnya, pasalnya Warung Periapan Sida Wayah ini memiliki dapur terbanyak dan hingga saat ini dapurnya berada di rumah 15 orang warga setempat dengan menu makanan khas dan unik pula.

Haji Edwin beserta Tim SBC dan SPBU Pancor Peduli saat Berkunjung ke Periapan Side Wayah (23/01/2022)

Usai melaksanakan Bakti Sosial dan Pengobatan Geratis bersama Karang Taruna Jungkat Sakti Desa Pengadangan (Ahad,23/01/2022), Kepala Dusun Gubuk Jero membawa kami bersama Ir. HM. Edwin Hadiwijaya, MM beserta Tim SPBU Pancor Peduli dan SBC meninjau sebuah warung yang dikoordinir oleh Nandur Anasip (kepala wilayah Gubuk Jero di Desa Pengadangan), warung itu adalah Warung Piriapan Sida Wayah. Kami tercengang saat mendengar dan mengetahui konsep yang dikembangkan oleh warung yang juga dikenal dengan sebutan Periapan Sida Wayah itu.

Namanya saja unik, konsep dan menu yang disediakan juga unik. Unik, yaa betul-betul unik sebab Warung Periapan Side Wayah ternyata memiliki konsep yang betul-betul berbeda dengan warung lainnya. Periapan Sida Wayah merupakan Resto Take Away dengan dapur berada di rumah masing-masing warga yang dikoordinir oleh Nandur Anasip.

Nandur Anasip selaku pengelola sekaligus bertindak selaku pemasar online Periapan Sida Wayah. Kepada Haji Edwin dan tim, Nandur menceritakan bahwa semua makanan yang dapat dipesan di Resto Take Away ini merupakan menu harian masyarakat Sasak pada umumnya yang dikreasikan agar semakin nikmat saat disantap dan dijamin masih segar. Karena proses memasaknya dilakukan jika sudah ada pesanan.

“Ada puluhan ibu-ibu yang menjadi chef (tukang masak) dan mereka bertindak sebagai pemasok makanan di Warung Periapan Sida Wayah ini. Namun, mereka memasak di rumah masing-masing dengan menu makanan yang berbeda-beda. Jika ada pesanan, maka kami akan meneruskan ke ibu-ibu yang tugasnya memasak makanan yang dipesan”, terangnya.

Lebih lanjut, Amrul Arahap (Sekdes Pengadangan) menerangkan, Warung Periapan Sida Wayah digagas dan dikelola oleh Nandur Anasip beserta warga Gubuk Jero sejak tiga bulan lalu dengan mengembangkan rumah warga sebagai dapurnya. Saat ini sudah ada 15 ibu (warga) Gubuk Jero yang jadi tukang masaknya dengan menu khas Lombok.

“Peripan Sida Wayah dapat dipesan secara online dan bisa juga makan di tempat. Bagi pelanggan yang mau makan di tempat dapat langsung berkunjung ke Warung Sida Wayah yang berlokasi di Gubuk Jero”, terang Amrul.

Selaku pemerintah Desa Pengadangan, Amrul berharap keberadaan Periapan Sida Wayah dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Desa Pengadangan supaya mulai bergerak aktif untuk menggerakkan atau menjadi lokomotif perekonomian masyarakat dengan potensi dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Bagi pecinta kuliner tradisional Lombok, kehadiran Periapan Sida Wayah bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk mendapatkan sajian bercitarasa tinggi dan dijamin diolah dari bahan-bahan segar. Karena makanan akan dimasak setelah ada pesanan dari konsumen.

Daftar Menu Periapan Side Wayah Desa Pengadangan

 Periapan Sida Wayah, Resto Take Away yang dapurnya menyebar di rumah-rumah warga ini menerima pesanan secara online melalui akun Facebook “Waroeng Ikan Nila” yang dikelola oleh Nandur.

Kehadiran Periapan Sida Wayah sejauh ini mendapat respon baik oleh warga di Kecamatan Pringgasela khususnya, maupun warga di kecamatan lainnya, karena harga makanan yang disiapkan sangat terjangkau alias harga merakyat. Termasuk, biaya ongkos kirimnya yang sangat murah.

“Bagi masyarakat Desa Pengadangan tidak dikenakan biaya ongkos kirim. Sementara, untuk wilayah Kecamatan Pringgasela, dikenakan biaya ongkir 5 ribu, namun untuk pembelian 100 ribu ke atas tidak dikenakan biaya ongkir. Sementara itu, untuk di luar wilayah Kecamatan Pringgasela, ongkir menyesuaikan dengan jarak antar. Namun, jika pembelian nilainya 200 ribu ke atas tidak dipungut ongkir”, jelasnya.

Adapun, beberapa menu makanan yang dapat dipesan di Periapan Sida Wayah, antara lain : Nasi Balap Komando, Soto Meriam, Rukjan dan Rusu Lindung Godo-Gado, Nasi Goreng Karibi, Pepes Ikan Karantina, Rusu Lindung, Sambal Lindung Ngenying dan sejumlah menu makanan tradisional Sasak yang rasanya dijamin membuat orang ketagihan. (Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *