Mengedukasi Generasi Masa Depan Melestarikan Lingkungan Melalui Gerakan Menanam Mangrove

Kampung Media NTB (Lombok Timur) – Menanam Bibit Pohon Mangrove merupakan salah satu bagian dari Festival Bale Mangrove yang dilaksanakan pada hari terakhir festival (Kamis, 10/02/2022). Pada kegiatan ini, selaku pendukung utama festival tersebut, Anggota DPRD Provinsi NTB, HM. Edwin Hadiwijaya membersamai panitia festival mengedukasi generasi masa depan setempat untuk melestarikan lingkungan dengan melibatkan siswa-siswi SDN 4 Jerowaru dalam kegiatan menanam bibit pohon mangrove di kawasan Ekowisata Bale Mangrove.

Gerakan menanam mangrove merupakan salah satu program nasional yang tercover dalam program Restorasi Mangrove. Menjaga dan melestarikan lingkungan adalah bagian utama dari program tersebut. Dalam hal ini, HM. Edwin Hadiwijaya sangat antusias dalam mensukseskan gerakan Restorasi Mangrove di kawasan Lombok Timur, terbukti dari berbagai kegiatan penanaman mangrove yang telah dilaksanakan nya di beberapa kawasan Lombok Timur, seperti di Gili Petagan, Desa Seruni Mumbul dan kali ini di Ekowisata Bale Mangrove Poton Bako Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Pada penanaman mangrove kali ini, Haji Edwin fokus pada aspek edukasi, di mana seraya menanam bibit mangrove beliau mengedukasi siswa-siswi SDN 4 Jerowaru untuk berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar mereka.

Kepada siswa-siswi tersebut beliau mensosialisasikan tata cara menanam mangrove yang baik dan benar, fungsi pohon mangrove bagi lingkungan, pentingnya menanam dan menjaga kelestarian hutan mangrove serta pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Meskipun bibit mangrove yang ditanam tidak begitu banyak, namun melalui gerakan penanaman mangrove di kawasan Bale Mangrove kami dapat memberikan edukasi kepada generasi masa depan daerah sekitar mengenai pentingnya melestarikan ekosistem lingkungan dan menjaga kebersihannya”, terang Haji Edwin.

Di tempat yang sama, Lukmanul Hakim selaku panitia inti Festival Bale Mangrove juga menyampaikan bahwa ia sengaja melibatkan siswa-siswi SDN 4 Jerowaru dalam kegiatan penanaman bibit mangrove dengan tujuan memberikan edukasi kepada mereka terkait dengan masalah pelestarian lingkungan, khusunya ekosistem hutan mangrove.

Melalui kegiatan ini, Haji Edwin dan Lukman berharap siswa-siswi SD yang terlibat dalam kegiatan ini dapat menjadi agen ofchange di masa mendatang, utamanya dalam menjaga dan melestarikan serta melindungi ekosistem lingkungan sekitar mereka.

Kegiatan yang diikuti oleh pemuda sekitar, Tim SBC dan Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Program Studi Pariwisata ini berjalan lancar dan dipenuhi oleh senyum hangat generasi masa depan masyarakat Jerowaru.

50-an orang siswa-siswi SD yang terlibat dalam kegiatan ini terlihat aktif dan sangat antusias mengikuti arahan dan bimbingan Haji Edwin selama kegiatan penanaman bibit mangrove berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *