Tiga Potensi KBA Selagas Mataram Jadi Ajang Lomba Foto Dan Pewarta Astra 2024

KBA Lingkungan Selagalas Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram.pada tahun 2024 ini akhirnya mendapat giliran sebagai ajang Roadshow Lomba Foto dan Pewarta Anugerah 2024 yang diglear oleh Astra setiap tahun. Dipilihnya KBA Selagalas ini karena memilki berbagai macam potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu  memajukan dan mensejahterakan warganya. (04/10/2024)

Bertajuk “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan”, Astra mengajak puluhan wartawan dan blogger untuk berkeliling melihat potensi yang ada di KBA Selagalas sekaligus menjadi ajang lomba mereka dalam bentuk foto dan tulisan.

Ketua KBA Selagalas Mataram Lalu Zia Ulyandri, mengatakan KBA Selagalas ini berdiri sejak 3 tahun lalu dan kerjasama dengan Astra sejak tahun 2021 lalu.

Kata Zia, Lingkungan Selagalas menjadi Kampung Berseri Astra (KBA) Selagalas ini karna memiliki banyak potensi yang dikembangkan diantaranya Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Kemasyarakatan Lingkungan dan Pilar Kewirausahaan, namun yang lebih dikembangkan di KBA Selagalas adalah Kewirausahaan dan Seni Olah Raga bidang pendidikan, salah satunya bidang olah raga adalah sepak bola, Seni Tari yang dipertunjukkan saat acara dimulai, termasuk presean.

“Apa yang tadi ditampilkan oleh siswa siswi saat acara dimulai, tarian dan presean, itulah salah satu dari seni tari yang dikembangkan di KBA Selagalas”. Ujar Zia

Terkait dengan prestasi, Zia menambahkan bahwa KBA Selagalas memperoleh penganugerahan dari Astra , selain itu ikut dalam kegiatan festival lampion yang diikuti oleh binaan KBA Selagalas sendiri.

Harapan kedepan, Astra bisa mendukung dan mensuport terus KBA Selagalas sehingga mampu mengembangkan potensi potensi apa saja yang perlu dikembangkan

Head Media of Relations Astra Regina Panantongan dalam sambutannya mengatakan, para pserta lomba akan berkeliling melihat berbagai macam kegiatan yang dilakukan masyarakat di KBA  Selagalas, mungkin ada cerita cerita inspiratif yang bisa teman-teman photo dan tulis, diangkat di media. Hadirnya kami disini dalam rangka lomba photo Astra dan anugerah pewarta Astra 2024.

Terhadap lomba ini, Regina menambahkan kegiatan lomba photo ini telah dilaksanakan oleh Astra sejak tahun 2009, sedangkan pewarta Astra sejak tahun 2015 dengan tujuan untuk mengapresiasi masyarakat Indonesia yang memang mencintai dunia photografi dan dunia menulis, kedua lomba ini terbuka untuk umum termasuk juga untuk wartawan.

“Jadi ada dua kategori, yakni ketagori umum dan kategori wartawan yang mana tema kali ini adalah “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan, jadi kami ingin tema ini bisa disebarluaskan, dimana teman-tema nanti bisa mengabadikan, gambar atau moment masyarakat Indonesia bersama-sema melakukan karya yang berkelanjutan” Ujar Regina

Pj Walikota Mataram  yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemerintah Kota Mataram Lalu Martawang SE,M.Si dalam sambutannya menyampakan kepada Fany Octavianus selaku fotografer dan Tika Widya selaku penulis sekaligus editor dari Astra meminta agar ilmunya ditransfer.

“Bapak Ibu, jika ingin bagaimana cara mengambil fotogarfi yang kren dan angle nya dari posisi mana maka inilah dia orangnya, tolong mas dan mbak ditransfer ilmunya kepada kami semua supaya ketika mengupload di facebook, atau dimana saja, bisa makin cetar membahana ”. Ujar Martawang diringingi tepuk tangan oleh para peserta lomba photo dan pewarta Astra  Anugerah 2024.

Sambung Martawang, atas nama pemerintah Kota Mataram menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Astra.

“Bapak Ibu, darimana kita akan memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa dan Negara ini adalah dari kampung darimana kita berdomisili. Ayoo kita berbuat bersama, kita tunjukkan karya kita, kita kampanyekan kebaikan dan kita adalah bagian dari spirit dari apa yang di katakan oleh Astra yakni Satu Indonesia, Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia”.Tutup Lalu Martawang

Sementara Adm & Fin Manager Astra Motor NTB Ivan Pratama menyampaikan terimaksih dan rasa bangga kepada KBA Selagalas Mataram yang menjadi tempat lomba photo dan menulis di Anugerah Pewarta Astra 2024. Ivan berharap melalui berbagai potensi SDA dan SDM yang KBA Selagalas miliki bisa di kembangkan terus dengan mencari berbagai inovasi serta terobosan baru sehingga KBA Selagalas semakin dikenal di kancah Internasional.

Dalam lomba fotoAstra dan Anugerah Pewarta Astra 2024, peserta lomba akan berkeliling ditiga lokasi yang ada di KBA Selagalas Mataram. Pertama ke SLB Yayasan Penyandang Tuna Netra (YPTN), kedua Taman Bina Karakter SMA 6 Mataram dan ketiga Produksi Cemilan  Khas Lombok  yakni Kerupuk Regginang. (Tim KM Mataram)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *