Tinjau Posyandu di KLU, Wagub NTB Tekankan Pentingnya Kualitas Pelaksanaan Posyandu Keluarga

Lombok Utara—Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, meninjau Posyandu Keluarga Apel I, Apel II dan Nangka I di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabuoaten Lombok Utara, Selasa (23/8).

Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB menekankan, pentingnya kualitas pelaksanaan Posyandu keluarga di setiap dusun guna menurunkan angka stunting. 

“Jadi penting sekali kualitas pelaksanan Posyandu keluarga ini ya. Bagaimana kader bersama dengan pendamping keluarga benar-benar meyakinkan bahwa protein hewani diberikan kepada sasaran stunting. Harus di intervensi betul 4 bulan terakhir 2022 ini,” kata Wagub.

Ia juga mengingatkan para kader dan orang tua agar selalu memperhatikan makanan anak-anaknya.

“Untuk para kader dan orang tua, tolong diperhatikan anak anak jangan banyak makan snack dan permen. Harus diajarkan makan sayur dan buah. Jajanan itu hanya tambahan, yang utama sayur, buah, protein serta mineral. Untuk remaja juga harus diingatkan sarapan sebelum sekolah dan diberikan tablet tambah darah,” ujarnya.

Selain itu, Wagub meyampaikan bahwa stunting bukanlah aib, sehingga mereka tidak perlu malu, karena stunting pada prinsipnya sama dengan penyakit lain yang bisa disembuhkan.

“Ibu-ibu tidak perlu malu kalau anaknya stunting, karena itu sama dengan penyakit lain. Hal ini bisa disembuhkan, bisa diatasi dan dilakukan perbaikan gizi serta diperhatikan lingkungannya,” tambah Wagub.

Menurunnya angka stunting di 3 Posyandu Keluarga Desa Malaka pun diapresiasi Wagub Ummi Rohmi. 

Tercatat bahwa data stunting terakhir di bulan Agustus 2022 pada 3 posyandu keluarga tersebut, yaitu 77 anak dari yang sebelumnya sebanyak 100 lebih anak.

“Progressnya sudah bagus dan luar biasa dari Februari sampai Juli sudah kelihatan progressnya. Untuk entry data harus diawasi lagi supaya akhir Agustus bisa 100%. Sasaran yang belum dapat harus dicari sampai dapat, kalo perlu datangi rumahnya,” pesannya.

Wagub saat utu berkesempatan  membagikan secara simbolis telur kepada perwakilan warga dari Posyandu Dusun Apel I, Apel II dan Nangka I Desa Malaka.

Turut mendampingi Wagub pada kunjungan tersebut yaitu Asisten I Setda Provinsi NTB, Kepala DPMPD Dukcapil Provinsi NTB dan para stakeholders lainnya. (dea/nina/her/diskominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *